Tips usaha laundry agar pelanggan tidak berpaling ke lain hati !!!
Semakin hari usaha jasa di bidang laundry semakin di lirik banyak orang dengan alasan prospek dan potensi usaha tersebut masih cerah. Semakin banyak usaha laundry berdiri maka semakin tinggi kompetisi tersebut, perang harga bukan lah cara yang terbaik bagi pengusaha laundry dampak nya fatal yang lemah akan cepat gulung tikar dan itupun bukan lah solusi dari persaingan bisnis.
Solusi kompetisi terbaik adalah berkompetisi dengan memberikan pelayanan dan kualitas terbaik berani berinovasi dan berfikir kreatif, tidak seluruh nya pelanggan tertarik dengan harga murah yang di tawarkan jika kualitas atau hasil dari cucian nya buruk.
Berikut ini tips dari HW laundry agar pelanggan tetap memilih laundry kita sebagai laundry yang terbaik dan selalu jadi pilihan nya :
1. Pelayanan prima
Pelayanan adalah hal yang dianggap sepeh bagi sebagian besar pemilik usaha dengan berbagai alasan misal nya sibuk, lagi bad mood, pelanggan yang cerewet, dll. Hal ini merupakan poin penting dalam berkompetisi, selalu bersikap ramah dengan senyuman, sabar dalam menjelaskan, dan cepat dalam merespon pelanggan maka usaha laundry kita sudah di anggap berkompeten dan bisa jadi pelanggan yang puas akan merekomendasikan laundry kita ke saudara, tetangga, teman, dan kerabat nya.
2. Kualitas cucian
Kualitas salah satu hal terpenting dan tidak boleh di abaikan pemilik usaha jasa laundry karena kualitas akan membuat sejauh mana usaha anda bertahan. Kendala yang sering di hadapi pengusaha laundry kebanyakan adalah bagaiamana cara menjaga kualitas agar tetap stabil. Terlepas dari kontrol kita terhadap karyawan, tanpa di sadari kecerobohan kecerobohan yang di anggap sepeleh bisa menjadi perhatian pelanggan bahkan bisa jadi problem bagi pelanggan dan itu berdampak pada hilang nya kepercayaan mereka terhadap jasa kita. Misal nya pemberian parfum yg kurang merata, ada noda pakaian yg tidak bersih sepenuh nya, ada bagian yg seperti tidak terkena setrika, dll. Tetap usaha kan untuk menjaga kualitas disini lah peran leadership nya pemilik usaha laundry dalam memantau kualitas hasil pekerjaan karyawan nya agar tetap konsisten dalam urusan kualitas.
3. Kreatif dan mampu berinovasi
Kemajuan zaman selalu memacu para wirausahawan harus berfikir kreatif dan mampu berinovasi agar bisa bersaing di dunia bisnis, termasuk dalam usaha jasa di bidang laundry. Yang di maksud kreatif di bidang laundry disini adalah bahwa usaha laundry bukan hanya tentang anda mencuci pakaian orang saja. Gunakan insting dan akal anda buat lah pelanggan menyukai laundry anda atau cari lah suatu yang unik yang akan dapat menjadi daya tarik usaha anda. Seperti ada nya reward untuk pelanggan, settingan tempat usaha yang bagus, dll. Dan juga mampu berinovasi, buat lah berbagai eksperimen dengan cara anda jika di rasa bisnis ini membutuhkan sentuhan atau pun perubahan yang akan berdampak positif bagi anda, karyawan, dan pelanggan. Misal nya jika packing pakaian biasa menggunakan plastik yang mana limbah plastik tidak ramah lingkungan maka anda bisa merubah packing dengan bahan lain yang lebih ramah lingkungan seperti packing berbahan kertas atau semacam nya, anda bisa bereksperimen untuk mengelolah limbah air cucian dengan baik agar limbah tersebut tidak mencemari lingkungan, dll.
4. Menjadikan kepuasan konsumen sebagai nilai ukur keberhasilan
Kesuksesan usaha tidak terlepas dari rasa puas pelanggan dengan pelayanan dan kualitas kita, ketika pelanggan merasa puas jangan berhenti untuk terus selalu melayani dan berikan pelayanan terbaik. Pelanggan yang puas akan memberikan kepercayaan besar terhadap kita dan mereka akan merekomendasi kan usaha kita kepada keluarga, kerabat, tetangga, dan teman-teman nya.
Beberapa tips dari HW laundry yang bisa di sampaikan mudah-mudahan bermanfaat untuk para pembaca, terutama bagi para pemilik usaha laundry di manapun mungkin bisa jadi tembahan refrensi bagi semua. Dan salam sukses untuk semua orang yang mau berusaha...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar